Sunday, March 8, 2015

Suku Bangsanya Ahok


Chinese , Tionghoa atau WNI Keturunan istilah halus untuk menyebut Warga Negara Indonesia dari suku bangsa Tionghoa. Penyebaran suku Tionghoa dari daratan China ke seluruh dunia merupakan hal yang wajar, dimana kemudian mereka yang sudah berpindah turut memiliki kewarganegaraan baru. Memang mereka biasa disebut Chinese (di Eropa, Amerika) , Tsinoy (di Filipina) dan sebutan-sebutan lainnya. Singapura bisa dibilang padat dengan orang-orang dari suku bangsa Tionghoa, tetapi bukan berarti mereka warga negara Tiongkok. Mereka tetap warga negara Singapura.

Chinese bagaimana orang-orang WNI keturunan menyebut suku bangsa mereka. Jarang mereka menyebut diri (saat berbicara antar sesama suku bangsanya) Tionghoa. Selain dikenal sebagai penggerak ekonomi, Chinese di Indonesia turut mengharumkan nama bangsa di bidang olahraga, terutama bulutangkis. Momen mengharukan ialah ketika Susi Susanti berhasil meraih emas di Olimpiade Barcelona. Lagu Indonesia Raya berkumandang. Tidak ada yang peduli dengan ke - Chinese- an Susi. Ia dianggap sebagai rakyat Indonesia yang berjasa bagi negara.

Mungkin banyak yang mengira selain bulutangkis dan bisnis, Chinese tidak memberi banyak kontribusi atau tidak dikenal. Ada juga yang tidak mengetahui bahwa Chris John (Yohannes Christian John) dan Daud Yordan, petinju Indonesia yang sudah berprestasi di tingkat dunia adalah Chinese. Ayah Chris John bernama Tjia Foek Sem. Ayahnya pula yang memperkenalkannya pada dunia bela diri. Di dunia tinju yang ia tekuni, Chris John berhasil meraih gelar WBA (Super) kelas Featherweight. 18 kali ia berhasil mempertahankan gelar ini. Sebelum berada di dunia tinju, Chris John juga sempat menjadi atlet wushu.

Berikutnya ada nama Daud Yordan, ia pernah meraih juara kelas ringan dan kelas bulu (IBO) , saat ini masih sebagai jawara interim WBO Asia-Pasific Lightweight Champion. Ayahnya bernama Hermanus Lai Chun, Ibunya bernama Natalia (dari suku Dayak). 3 kali pertandingan terakhirnya digelar di luar negeri dan seluruhnya ia menangkan. Daud Yordan masih akan terus melaju dan membawa nama Indonesia di dunia tinju.

Joe Taslim, aktor dengan bakat bela diri handal namanya melambung setelah membintangi The Raid. Karirnya melesat dan menembus Hollywood. Ia turut mendapat peran dalam Fast and Furios 6, sebuah film dimana di dalamnya juga dibintangi oleh Vin Diesel dan Dwayne "The Rock" Johnson. Jauh sebelum dikenal sebagai aktor, ia mewakili Indonesia pada cabang olahraga Judo. Di bidang ini ia menunjukkan prestasinya dengan menyabet medali perak pada SEA Games 2007 dan medali emas South East Asia Judo Championship 1999.

Sederet nama Chinese masih menghiasi negeri ini (Andrew Darwis-Kaskus, Deddy Corbuzier, Agnes Monica,dll). Mereka tidak terlalu menonjolkan ke -Chinese- an mereka dan tetap mengaku sebagai Warga Negara Indonesia. Sungguh disayangkan bila mereka yang sudah berasimilasi di Indonesia justru dijauhi, dibenci , dihina atau dikekang karirnya. Sikap rasis hanya akan menghambat pertumbuhan suatu negara.

No comments:

Post a Comment